Seminar Ilmiah Hukum Internasional dan Hukum Nasional

Pascasarjana Universitas Borneo Tarakan mengadakan seminar ilmiah hukum internasional dan hukum nasional, dimana kegiatan seminar Ilmiah ini dihadiri oleh Prof Hikmahanto Juwana, SH.,LL.M.,Ph.D, beliau adalah guru besar Hukum Internasional dari Universiatas Indonesia, yang kami minta menjadi Keynote Speaker.

Kegiatan ini dihadiri oleh pejabat dilingkungan Univeristas Borneo Tarakan, diantaranya dihadiri oleh Dekan Fakultas Tehnik, Dekan Fakultas Kesehatan, Dekan Fakultas Hukum, Dekan Fakultas Keguruan dan IlIlmu Pendidikan, dan mahasiswa Program Magister Ilmu Hukum.
Kegiatan seminar ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ibu Dr. Ir. Setyo Pertiwi, M.Agr. Dalam pembukaannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan seminar ilmiah ini bertujuan untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian mahasiswa Magister Ilmu Hukum Program Pascasarajana UBT.

Kegiatan seminar ilmiah dimulai dengan pemaparan yang disampaikan oleh Prof Hikmahanto Juwana, bahwa pentingnya melakukan penanganan Wilayah Perbatasan dengan melakukan penetapan wialyah negara, penyelesaiaan sengketa Wilayah Negara, pengelolaan Wilayah Perbatasan, Pengakuan hukum di Wilayah perbatasan.
Lebih lanjut disampaikan, dalam kajian hukum internasional, ada kewajiban negara yang saling berbatasan untuk menjamin penduduk asli agar mereka tetap dapat melakukan hubungan dan kontak ketentuan itu bertujuan agar penduduk asli yang berada di perbatasan tidak berpisaj disebabkan karena garis batas antar negara sebagaimana tertuang dalam pasal 36 Resolusi majelis Umum PBB 61/295 tahun 2007 tentang Declaration on the Rights of indigenious Peoples.

Pada sesi selanjutnya, yang menjadi pemateri dalam kegiatan seminar ilmiah ini adalah alumni mahasiswa Program Magister Ilmu Hukum angkatan pertama.
Ajang ini digunakan sebagai wadah membagi keilmuan yang telah mereka dapatkan selama 4 semester di Program Magister Ilmu HUkum kepada para audiens yang juga para adek-adek tingkatnya yakni mahasiswa Program Magister angkatan 2 dan 3 ujar Wiwin Dwi Ratna F, SH.,M.Hum selaku Assisten Direktur Program Pascasarajana Universitas Boneo.