Penerimaan Mahasiswa Baru Magister Ilmu Hukum

Universitas borneo tarakan telah memilik program pascasarjana, meakipun masih menanungi 1 program studi yakni Program magister ilmu hukum. Pada tahun ajaran 2014/2015 ini kami memberi kesempatan kepada para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan kejenjang magister.

Kami telah mendapat keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan (Kepmendiknas) republik indonesia Nomor 152/E/O/2014 tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi Ilmu Hukum, Program Magister Pada Universitas Borneo Tarakan.

Bagi para calon mahasiswa, perlu kami sampaikan bahwa saat ini kami masih memggunakan  kurikulum sebagaimana Kepmendiknas Nomor 232/U/2000 dan Nomor 045/U/2002, yang mengintruksikan bahwa Beban studi program magister sekurang-kurangnya 36 (tiga puluh enam) SKS yang dijadwalkan untuk 3 (tiga) hingga 4 (empat) semester atau satu tahun enam bulan hingga dua tahun masa kuliah.

Ditahun ini, Kementrian Pendidikan dan kebudayaan RI, mengeluarkan peraturan baru tentang standar nasional pendidikan tinggi, yang menyatakan bahwa mahasiswa wajib menempuh beban belajar paling sedikit 72 SKS untuk program magister, magister terapan dan spesialis, yang  nantinya akan kamiberlakukan juga pada angkatan berikutnya.

Program pasca sarjana ilmu hukum membuka pendaftaran baru untuk angkatan kedua mulai 19 septmber  hingga hari selasat, 30 september 2014 dan direncanakan perkuliahan akan dimulai pada oktober mendatang. Bagi mahasiwa progam pasca sarjana yang kini sedang atau berminat menempuh program magister tidak perlu hawatir lagi, pasalnya kini program pasca sarjana khusunya ilmu hukum telah memiliki status akreditasi ujar Asisten Direktur Pascasarjana UBT,  Wiwin Dwi RF, SH., M.Hum (dimuat dalam Surat Kabar Harian Radar Tarakan, 24 September 2014).